Kamis, 11 September 2014

Materi Internet KKPI Kelas XII

| Kamis, 11 September 2014
BAB 8

MELAKUKAN KONEKSI KE INTERNET

DAN BEKERJA DENGAN INTERNET
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya sehingga dapat saling berbagi pakai secara bersama-sama dari sumber daya yang dimiliki oleh masing- masing komputer. Untuk membuat jaringan tersebut minimal dibutuhkan 2 kompunen yaitu: software dan hardware. 
Secara Umum, Jaringan Komputer Dibagi Atas 6, Yaitu: 
1. Local Area Network (LAN). Merupakan jaringan milik pribadi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang mencakup daerah yang kecil seperti gedung atau komplek bangunan yang berukuran beberapa kilometer. Missal: warnet, lab kom sekolah, office,dll.

2. Metropolitan Area Network (MAN). Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor, kampus, perusahaan, dll.

3. Wide Area Network ( WAN). Jangkauannya mencakup daerah geografis yang lebih luas, seringkali mencakup Negara bahkan benua. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada di berbagai okai yang dihubungkan dengan sebuah device yaitu router.

4. Internet. Internet adalah sekumpulan jaringan yang saling terkoneksi,sehingga internet adalah kumpulan dari banyak jaringan yang berbeda dan untuk melakukannya diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway.

5. Gateway digunakan untuk menghubungkan antara LAN satu dengan LAN lainnya atau dapat menghubungkan ke sebuah jaringan internet atau WAN.
6. Jaringan tanpa kabel. Jaringan tanpa kabel disebut juga wireless,
 
Internet (Interconnected-Network)

  Jika didefinisikan secara lengkap, internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.

Keunggulan Internet jika dibandingkan dengan media lainnya :
  1. Komunikasi murah 
  2. Sumber informasi besar 
  3. Tantangan baru untuk berusaha 
  4. Keterbukaan (tanpa sensor) 
  5. Jangkauan yang tidak terbatas
 

 MANFAAT INTERNET DALAM BERBAGAI BIDANG 
  1. Internet sebagai media komunikasi. Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media komunikasi dibandingkan media lain antara lain ialah bahwa informasi yang didapat akan lebih mudah, cepat, dan murah dengan jangkauan global. Hal ini ditandai dengan bermunculannya media online (berbasis cetak maupun yang tidak) sehingga mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Contohnya : Koran masuk ke media internet (Kompas Cyber Media, Bolanews.com, pos-kupang.com, MNC group untuk tanyangan RCTI, MNC, GlobalTV). 
  2. Internet sebagai media promosi. Contohnya : berniaga.com, kaskus.com,  dll. 
  3. Internet sebagai komunikasi interaktif. Contohnya : Friendster, Facebook, Myspace, Twitter, Email,  yahoo messenger (YM). 
  4. Internet sebagai alat research and development dan pertukaran data. Contohnya : situs LIPI, Wikipedia.com
SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET 
         Sebelum munculnya internet, ada yang namanya ARPAnet yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika (US Defense Advanced Research Project Agency) pada tahun 1969. ARPNet dikembangkan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila perang terjadi dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satu jaringan (network) terganggu atau dihancurkan oleh musuh, maka data yang melalui jaringan tersebut akan dipindahkan secara otomatis ke jaringan lainnya. Setelah itu, jaringan internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arh komersialisasi pada awal tahun 1990.

Untuk dapat melakukan koneksi ke internet, secara umum langkah-langkah yang perlu disiapkan adalah : 
  1.          Siapkan seperangkat PC
  2.          Modem (Modulator Demodulator) 
  3.          Koneksi ke internet melalui penyedia layanan akses internet atau ISP (Internet Service Provider).



 PENGERTIAN MODEM 
Sebelum melakukan instalasi modem sebaiknya kita perlu tahu dulu apa yang disebut dengan Modem. Modem singkatan dari Modulator Demodulator yang berfungsi untuk mengkonversikan data digital ke data analog dari komputer pengguna ke komputer server melalui jalur telpon, dan sebaliknya 
 Modem Jenisnya Dapat Dibagi 2, Yaitu :
 Modem Eksternal. Biasanya dilengkapi dengan panel atau LED atau LCD yang menampilkan info tentang apa yang sedang dilakukan oleh modem kalian yang mana berguna untuk membantu kita permasalahan yang terjadi. Tidak menggunakan slot di dalam komputer kalian. Dapat di-nyalakan atau di-matikan secara terpisah dari komputer. Lebih mudah dipindah tempatkan (contohnya, kalian dapat menggunakan modem eksternal yang sama untuk komputer desktop ataupun laptop kalian). Di daerah yang rawan dengan masalah petir lebih aman bila menggunakan modem eksternal.
 Modem Internal. Lebih mudah dipasang (atau menjadi mimpi yang paling buruk), biasanya lebih murah karena tidak memiliki case dan power supply terpisah, mencegah orang lain untuk bertindak iseng terhadap modem karena terletak di dalam komputer, tidak menggunakan kabel yang semerawut, menghemat tempat, dan juga menghemat biaya untuk membeli kabel serial.
  
MEMAHAMI ALAMAT INTERNET
 
Alamat internet atau alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang biasanya terdiri dari 4 bagian :


1.Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi). Contoh http//


2.Lokasi dari situs, contohnya WWW (World Wide Web)


3.Nama organisasi yang mengatur situs.


4.Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial)
 Download adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web dan menyimpannya ke dalam komputer anda. 
Tipe file hasil download biasanya ekstensi PDF (dari aplikasi acrobat reader), ekstensi PPT (dari aplikasi power point), DOC (dari aplikasi MS-Word), HTM atau HTML merupakan ekstensi dari file HTML dan lain sebagainya. Ada pula file-file hasil download berupa gambar yang mempunyai format data JPG, JPEG, TIFF, GIF dan lain sebagainya.










Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda.