A. MEMBEDAKAN JENIS
KOMUNIKASI SINKRON-ASINKRON.
Komunikasi Daring adalah singkatan dari Komunikasi Dalam
Jaringan. Komunikasi Dalam Jaringan adalah komunikasi yang dilakukan secara
online menggunakan jaringan internet. Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun
1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan
mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon,
1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang
kemudian berkembang menjadi internet Komunikasi Daring terbagi dari dua yaitu Komunikasi Daring
Sinkron dan Asinkron.
Komunikasi Daring Sinkron
Sebelum kita membahas apa itu komunikasi sinkron, apakah
anda pernah berkomunikasi video Call? Komunikasi melalui video call bisa dilakukan jika si
komunikator dengan penerima dalam keadaan sama-sama online. Dari sana dapat
kita simpulkan bahwa komunikasi Daring Sinkron adalah komunikasi serempak. Komunikasi Daring Sinkron adalah
komunikasi yang dilakukan menggunakan komputer, atau smartphone yang terkoneksi
dengan internet dimana waktunya nyata dengan kata lain kedua belah pihak dalam
keadaan online. Berikut
beberapa contoh komunikasi daring sinkron :
Ø
Text Chat
Text chat adalah fitur yang saat ini banyak disediakan dalam
media sosial. Komunikator dapat langsung mengirim pesan kepada orang lain yang
sedang online, dan orang yang dituju juga dapat membalas pesan teks tersebut.
Ø
Video Chat
Video Chat adalah teknologi layanan yang menyediakan
interaksi audio dan video secara online antara pengguna di lokasi yang berbeda.
Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau
smartphone (juga disebut video call). Video chatting dapat berupa interaksi
point-to-point (satu-satu), seperti Face Time dan Skype, atau interaksi
multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak ke banyak), seperti dalam Google+
Hangouts
Komunikasi Daring Asinkron
Komunikasi Daring Asinkron adalah kebalikan dari Komunikasi
Daring Sinkron dalam juga menggunakan jaringan internet. Saat kamu mengirim
sebuah pesan email kepada seseorang tentu saja email tersebut tidak langsung
dibalas oleh orang yang kamu tuju dan email tersebut akan dibalas keesokan
harinya atau saat si penerima membuka dan membaca email tersebut. Dari contoh
diatas didefinisikan bahwa komunikasi daring asinkron adalah komunikasi yang
juga menggunakan komputer atau smartphone namun dalam waktu yang tidak serempak
atau dilakukan secara tertunda. Contoh dari komunikasi daring asinkron adalah mengirim
email, menulis dalam sebuah blog atau website, meninggalkan komentar pada
sebuah forum dan lain-lainnya.
Komponen Pendukung Komunikasi Daring
Ø
Hardware atau Perangkat Keras
Hardware adalah perangkat keras yang dapat dirasakan yang
digunakan dalam berkomunikasi daring seperti Komputer, headset, microphohe,
handphone dan perangkat lainnya.
Ø
Software atau Perangkat Lunak
Software adalah perangkat lunak pendukung dalam
berkomunikasi secara online yang menghubungkan pengguna dengan hardware.
Program atau aplikasi yang biasa digunakan seperti Skype, Google Hangouts, web
conference, dan sejenisnya.
Ø
Brainware atau Daya Nalar(Akal)
Manusia atau mereka yang melakukan komunikasi harus
menggunakan atau melibatkan daya nara atau akal untuk melakukan komunikasi
daring ini.
B. Kelebihan dan kekurangan komunikasi sinkron dan asinkron
Komunikasi daring sinkron
Kelebihan : kecepatan transmisi yang kian laju karena pada
sinkron tidak memakai bit lanjutan setiap memberikan paket data.
Kekurangan : mempunyai kemungkinan terjadi masalah yang
memerlukan signal clock yang deras untuk menampung paket data secara bersamaan.
Komunikasi daring asinkron
Kelebihan : perbandingan signal lock pengirim dan penampung
tidak bercengkrama terjadi masalah lebih rendah.
Kekurangan : kecepatan transmisi kecil, dan membutuhkan
sinkronisasi mulai dari pertama sampai akhir karakter data yang akan di berikan
atau di terima.
C. Ciri-ciri komunikasi daring sinkron dan asinkron
Ciri-ciri
Komunikasi sinkron : komunikasi tersebut dapat
dikerjakan hari itu juga. Selain secara waktu sebenarnya, ciri lain komunikasi
daring singkron yaitu pemberian pesan dan penampungan pesan mengerjakan
komunikasi dua arah, atau dapat saling membalas dan membaca pesan yang di
berikan. Sejarah daring memang masih langka dikenali, daring sendiri merupakan
istilah dari online.
Ciri-ciri
komunikasi asinkron : komunikasi asinkron dikerjakan
secara berhenti atau tidak secara waktu sebenarnya yang serupa terjadi pada
komunikasi sinkron. Selain komunikasi online sinkron dan asinkron, macam
komunikasi daring juga dibagi atas dua menurut perilakunya, yaitu bentuk
komunikasi formal dan bentuk komunikasi non formal. Menurut penyajiannya
komunikasi daring dibedakan atas penyajian tertulis dan komunikasi daring secara
lisan.
D. Manfaat komunikasi daring
Ø
Sebagai alat komunikasi
Ø
Menyederhanakan siswa dan guru dalam
berkomunikasi
Ø
Media hiburan interaktif.
Ø
Sebagai alat riset
Ø
Sarana E-learning
Ø
Sarana E-banking
Ø
Jalan ke informasi yang berada di
area yang jauh
E.
Fungsi
komunikasi daring
Ø informasi : untuk
media memberikan pesan dan informasi buat penampung informasi
Ø kendali :
melakukan pengendalian dan memulai suatu informasi sebagai kewenangan kelompok.
Ø Motivasi :
komunikasi daring bisa memprovokasi suatu pekerjaan dan kekuatan pegawai dalam
pekerjaannya
Ø Ekspresi emosional :
komunikasi daring dapat menggambarkan suatu perasaan kelompok
Ø efisiensi waktu : komunikasi
bisa dikerjakan secara efisien
Ø efisiensi biaya : harga
paket data yang agak murah membantu komunikasi daring berjalan.
Ø Dikerjakan dimana saja : pagi,
siang, sore, malam
Ø Ilmu teknologi :
komunikasi daring berawal dari ilmu pendidikan yang saat itu dipakai sebagai
alat penyelidikan.
Ø Intensitas komunikasi :
menyederhanakan berkomunikasi di akibatkan oleh intensitas komunikasi meningkat
tiada batas
Ø Partisipasi :
komunikasi daring diakibatkan bertambahnya partisipan dalam artian meningkatkan
individu pada proses komunikasi
F. Pengertian
Chatting dan Contoh Aplikasinya
Secara bahasa
pengertian chatting adalah suatu pesan instan dalam teknologi jaringan komputer
untuk mengirimkan informasi ke pengguna lain yang terhubung melalui koneksi
internet. Saat ini, istilah chatting tidak hanya ditemukan pada pengguna
email messenger saja, karena sudah banyak aplikasi chatting yang tersedia untuk
pengguna smartphone. Beberapa contoh aplikasi chatting yang sering digunakan
oleh masyarakat diantaranya : Whatsapp (WA), Blackberry Messenger (BBM), Facebook
Messenger, Yahoo Messenger (YM), Line, Google Hangout, Google Allo, Talk dan
lain sebagainya Dari semua aplikasi tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu
untuk saling berkomunikasi melalui media internet.
G. Fungsi Chatting
Saat ini penggunaan
aplikasi chatting sudah sangat masif, hampir semua orang menggunakan setidaknya
satu aplikasi bertukar pesan. Secara umum, Chatting memiliki beberapa fungsi,
diantaranya: Sebagai sarana berkomunikasi yang paling mudah, cepat dan efisien,
Sebagai sarana untuk saling berkonsultasi lebih mudah, Alat untuk menjalin
hubungan dengan orang lain, Bisa digunakan untuk berkumpul pada suatu grup atau
multiple chat.
Manfaat
Chatting Dalam Bisnis
Setelah mengetahui
apa arti chatting dan beberapa fungsinya, lalu apakah ada pengaruh chatting
terhadap bisnis? Tentu saja ada. Berikut ini beberapa manfaat adanya fitur
chatting untuk mengembangkan bisnis:
1.
Sarana
Komunikasi
Sudah disinggung
dari pengertian chatting diatas bahwa tujuannya adalah
untuk memudahkan cara berkomunikasi jarak jauh. Dengan adanya fitur chatting
saat ini akan semakin memudahkan sistem koordinasi dalam sebuah perusahaan. Untuk
menyampaikan informasi yang terkesan penting dan segera maka bisa memanfaatkan
fitur chatting. Dengan chatting juga bisa menyampaikan pesan atau informasi
langsung ke beberapa orang seperti pada fitur grup chatting. Tentu hal ini
sangat berdampak positif terhadap bisnis.
2.
Sumber
Informasi Paling Cepat
Chatting diklaim
sebagai perantara penyampaian informasi pealing cepat. Untuk bertukar
informasi, Anda tidak perlu menemui orang yang bersangkutan atau menghabiskan
pulsa dengan menelpon karena bisa dilakukan hanya dengan Chatting.
3.
Meningkatkan
Efisien waktu
Memang tidak bisa
dipungkiri karena adanya fitur chatting saat ini sangat mempermudah pekerjaan
kita. Untuk membuat janji atau pertemuan mendadak tidak harus menggunakan surat
secara resmi, karena saat ini sudah banyak yang melakukan undangan via
chatting. Sehingga dengan chatting dapat menghemat waktu yang diperlukan
untuk menyebar undangan.
4.
Media
Untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan
Chatting tidak
hanya memudahkan komunikasi antar anggota perusahaan saja, namun juga bertujuan
untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan. Dengan chatting maka Anda akan
lebih mudah terhubung dengan pelanggan misalnya untuk pemesanan produk,
komplain atau lainnya.
5.
Sebagai
Sarana Pemasaran
Di jaman yang serba
gadget ini tentu Anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget lebih untuk
pemasaran atau promosi dengan mencetak brosur.
Anda cukup membuat
bahan promosi dalam bentuk digital dan kemudian melakukan penyebaran via
chatting. Cara promosi seperti ini sudah dianggap “lumrah” dikalangan pebisnis,
terutama yang berbisnis secara online.
Dampak
Chatting Pada Masyarakat
Meskipun banyak hal
yang positif dari Chatting, namun dampak negatif juga patut diperhatikan salah
satunya adalah kasus penipuan via chat yang kini sedang merajalela. Berikut
adalah beberapa dampak chatting pada masyarakat: Resiko perangkat komputer dan
gadget mudah terkena virus, Kemungkinan membicarakan hal yang tidak sopan
melalui chatting, Berhubungan dengan orang yang tak dikenal, Bisa mengakibatkan
chatter ketagihan, Chatting bisa menimbulkan masalah kesehatan bila terlalu
sering, misalnya rematik, otot kaku, masalah penglihatan, Potensi terjadinya
penipuan melalui aktivitas chatting.
Contoh
Chatting Dengan Aplikasi Chat
Sekarang ini ada
banyak sekali aplikasi chatting yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan
orang lain. Pada umumnya aplikasi chatting ini dapat digunakan secara gratis.
Beberapa aplikasi
chatting yang sering digunakan saat ini adalah: WhatssApp, Blackberry Messenger,
Facebook Messenger, Line, WeChat, Kakao Talk, Google Hangout, Facebook
Messenger
H. Penerapan Komunikasi Dalam Jaringan
Asinkron
Komunikasi online dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer
sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron.
Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail (electronic mail), video
streaming, membaca dan menulis dokumen secara online melalui world wide web (google docs, microsoft office
online) .
E-MAIL
Adalah kepanjangan dari electronic mail merupakan aplikasi penulisan,
pengiriman, penerimaan surat secara elektronik melalui komunikasi dalam
jaringan. Jenis layanan email :
1.
POP mail (Post Office Protocol Mail). adalah
jenis email yang bisa dibaca secara offline. Untuk bisa membaca email ini, kita
harus terkoneksi internet terlebih dahulu kemudian kita diharuskan
mengunduh/men-download email yang telah masuk dari server mail yang kita ikuti,
setelah itu kita bisa membaca email tersebut tanpa harus terhubung dengan
internet. Dalam penggunaan POP mail
ini, kita membutuhkan aplikasi khusus yang harus terinstall pada komputer kita,
sehingga kita tidak bisa mengunduh email kita dari komputer lain yang tidak
memiliki aplikasi POP mail. Contoh POP mail adalah POPmail, lycos, Hotpop. POP
mail
2.
Web based mail. Contoh
penyedia layanan Web based mail ini
adalah yahoo mail, G-mail, hotmail, dll. Ada
2 jenis yaitu Web Based Mail :
a.
email gratis. Dengan menggunakan email gratis
ini kita bisa memanfaatkan pengiriman dan menerima surat elektronik secara
gratis. Kelemahan dari email ini adalah besar email yang diterima dibatasi oleh
kuota. Contoh Gmail dibatasi kuota 6 Giga Byte
b.
email prabayar. Dengan menggunakan email
prabayar ini kita ibsa memanfaatkan pengiriman dan penerimaan surat elektronik
dengan kuota melebihi dari kuota email gratis, tergantung dari pilihan berapa
besar kuota yang dipilih. Tetapi anda diwajibkan untuk membayar jika
ingin berlangganan. Contoh yahoo!mail plus dengan
fasilitas keamanan dari spam, fasilitas POP mail, e-mail fowarding.
3.
E-mail fowarding. Jenis email ini kita bisa
membuat email alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Dalam hal ini
sebuah email yang kita terima bisa kita alihkan atau diditeruskan lagi ke
alamat yang sebenarnya.
MEMBUAT EMAIL
Pada saat ini kita akan mencoba membuat sebuah akun email pada G-mail. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
- Buka web browser anda. Anda bisa menggunakan internet explorer, google chrome, mozilla, opera, dll.
- Ketikkan alamat http://www.google.co.id pada address bar dan tekan tombol enter.
- Sehingga terbuka halaman seperti di bawah ini
Halaman google
- Klik tulisan Gmail, seperti gambar di bawah ini :
klik gmail
- Input data diri anda pada form “create your google account”
input data diri
- Jangan lupa centang kotak “I Agree to Google Terms of Service and Privacy Policy“, kemudian Klik “Next step” sehingga muncul jendela
Verifikasi account
- Masukkan nomor handphone anda untuk mendapatkan sms kode verifikasi pada nomor anda. Kemudian klik “Continue“
- Catat kode verifikasi yang telah di-sms kan pada handphone anda, kemudian masukkan pada menu “verify your account”
masukkan kode verifikasi
- Klik “Continue” untuk mengakhiri pembuatan email anda
Akhir pembuatan email
- Klik “Add a photo” untuk menambahkan photo profil anda, kemudian pada menu “upload photo” , pilih “select a photo from your computer ”
upload photo
- Pilih file photo dari komputer anda, kemudian klik “Open“
- Proses upload photo akan terjadi, kemudian lakukan proses seleksi pada photo
upload photo
seleksi photo
- Klik “Set as profile photo” untuk mengakhiri pemasangan photo profil anda
- Klik “Next step“, maka anda akan menuju pada jendela “Welcome , natalie“
- Klik “Continue to Gmail” untuk masuk
ke akun email anda
Pengertian
Blog
Blog adalah website yang mengandung
konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain
yang disediakan oleh penulis blog (Sumber: Merriam Webster)
Dari sumber lain,
blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi
pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog
dilengkapi gambar atau link ke website lain. Jadi, apa itu blog?
Blog adalah salah satu jenis website yang
kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan
posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).
Struktur
pada Blog
Saat ini blog memiliki tampilan dan
tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog itu sendiri. Mulai dari
blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga blog yang hanya memiliki satu
kolom. Pada dasarnya blog memiliki struktur standar, berikut beberapa struktur
standar pada sebuah blog:
Ø
Header: Biasanya
terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog, deskripsi blog
dan menu blog.
Ø
Navbar: Elemen ini
biasanya terletak diatas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah
editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil
jika diakses oleh user selain pemilik blog.
Ø
Main blog: Biasanya
terletak di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana postingan blog berada.
Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal, nama penulis
serta kolom komentar.
Ø
Sidebar: Pada elemen
ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget
lainya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri
atau kanan sebuah blog.
Ø
Footer: Terletak
paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak
atau form subscribe untuk diisikan alamat email.
CLOUD STORAGE : PENGERTIAN, CARA KERJA DAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKANNYA
YANG PERLU ANDA TAHU
Sekarang bukan zamannya lagi
hanya mengandalkan hardisk dan flashdisk sebagai media penyimpanan
data. Semenjak perkembangan internet semakin melesat, media penyimpanan kini
menawarkan alternatif baru yaitu cloud storage.
Media penyimpanan cloud storage ini
berkaitan erat dan sangat mengandalkan jaringan internet. Sebagai media
penyimpanan online, cloud
storage menawarkan berbagai kelebihan yang sangat menguntungkan
Anda. Informasi rinci mengenai cloud storage dan
keunggulannya dibandingkan media penyimpanan offline dapat
Anda simak lewat artikel berikut ini.
Apa Itu Cloud Storage?
Cloud
storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang
mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud
storage adalah terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang
menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk. Jadi, data yang disimpan
ke dalam cloud storage akan disimpan di
sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa
disebut hosting.
Menyimpan file menggunakan cloud storage kini lebih diminati
karena berbagai alasan. Anda tidak perlu khawatir dengan serangan virus atau
ada kerusakan seperti yang bisa terjadi saat Anda menyimpan file melalui hardisk atau flashdisk. Selain itu, karena
seluruh data disimpan ke dalam server, keamanannya pun lebih terjamin dan tidak
mungkin hilang. Data yang Anda simpan juga dapat diakses sewaktu-waktu.
Ditambah lagi data juga dapat Anda akses melalui perangkat gadget apa saja
asalkan terkoneksi dengan internet.
Layanan penyimpanan data
menggunakan cloud storage bisa Anda dapatkan
secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Apabila menginginkan
ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar sesuai
dengan kebutuhan. Perkembangan cloud storage pun
saat ini bekembang sangat pesat. Beberapa contoh media cloud storage yang sangat populer
saat ini adalah Google Drive, iCloud, OneDrive dan Dropbox.
Cara Kerja Cloud Storage
Proses penyimpanan data ke
media penyimpanan cloud storage
dapat diartikan dengan mengirim salinan ke penyedia layanan cloud atau hosting lewat jaringan internet.
Selanjutnya, server akan memberikan Anda akses untuk mendownload atau melakukan
perubahan saat Anda ingin membuka data-data Anda tersebut. Biasanya layanan cloud storage ini tidak hanya
mengandalkan satu server saja. Sebagian besar aplikasi pada cloud storage juga tidak perlu
melakukan instalasi karena sudah terpasang pada media internet, misalnya adalah
Google Drive. Anda hanya perlu menyiapkan koneksi internet dan membuat akun
untuk bisa menggunakan Google Drive. Seperti yang kita ketahui bahwa Google
Drive ini dibawa oleh salah satu perusahaan besar yakni Google Inc maka yang
bertindak sebagai server adalah pihak Google itu sendiri.
Keuntungan Menggunakan Cloud Storage
Nah, setelah Anda mempelajari
pengertian serta cara kerja dari cloud storage
sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika
memilihnya. Dengan menggunakan cloud storage
resiko kerusakan atau kehilangan data sangat kecil sebab data disimpan oleh hosting ke dalam server. Pemakaian cloud storage juga tidak
membutuhkan perangkat keras, karena cloud storage
hanya mengandalkan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya. Sekarang ini
banyak media penyimpanan online yang tidak
dipungut biaya, sehingga secara finansial sangat membantu Anda untuk menghemat
budget. Cloud storage juga merupakan media
penyimpanan yang ramah lingkungan karena tidak membutuhkan perangkat sehingga
tidak akan meninggalkan limbah.
Demikian sekilas informasi
yang bisa Anda baca mengenai cloud storage.
Media penyimpanan berbasis online ini
merupakan pilihan tepat untuk digunakan karena mudah, gratis dan memberikan
banyak keuntungan yang lainnya. Namun untuk bisa mendapatkan layanan cloud storage dengan kapasitas yang
sangat besar Anda harus menyiapkan dana lebih.
Bagi siswa/i yang sudah membaca materi ini silahkan tinggalkan komentar nama dan kelas di bawah postingan ini
Bagi siswa/i yang sudah membaca materi ini silahkan tinggalkan komentar nama dan kelas di bawah postingan ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Berikan Komentar Anda.