Selasa, 31 Maret 2020

Materi Simulasi Dan Komunikasi Digital. KD 3.10 Menganalisis Komunikasi Sinkron Dan Asinkron Dalam Jaringan

| Selasa, 31 Maret 2020

A. MEMBEDAKAN JENIS KOMUNIKASI SINKRON-ASINKRON.


Komunikasi Daring adalah singkatan dari Komunikasi Dalam Jaringan. Komunikasi Dalam Jaringan adalah komunikasi yang dilakukan secara online menggunakan jaringan internet. Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet Komunikasi Daring terbagi dari dua yaitu Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron.



Komunikasi Daring Sinkron

Sebelum kita membahas apa itu komunikasi sinkron, apakah anda pernah berkomunikasi video Call? Komunikasi melalui video call bisa dilakukan jika si komunikator dengan penerima dalam keadaan sama-sama online. Dari sana dapat kita simpulkan bahwa komunikasi Daring Sinkron adalah komunikasi serempak. Komunikasi Daring Sinkron adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan komputer, atau smartphone yang terkoneksi dengan internet dimana waktunya nyata dengan kata lain kedua belah pihak dalam keadaan online. Berikut beberapa contoh komunikasi daring sinkron :

Ø  Text Chat

Text chat adalah fitur yang saat ini banyak disediakan dalam media sosial. Komunikator dapat langsung mengirim pesan kepada orang lain yang sedang online, dan orang yang dituju juga dapat membalas pesan teks tersebut.

Ø  Video Chat

Video Chat adalah teknologi layanan yang menyediakan interaksi audio dan video secara online antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone (juga disebut video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti Face Time dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak ke banyak), seperti dalam Google+ Hangouts

Komunikasi Daring Asinkron

Komunikasi Daring Asinkron adalah kebalikan dari Komunikasi Daring Sinkron dalam juga menggunakan jaringan internet. Saat kamu mengirim sebuah pesan email kepada seseorang tentu saja email tersebut tidak langsung dibalas oleh orang yang kamu tuju dan email tersebut akan dibalas keesokan harinya atau saat si penerima membuka dan membaca email tersebut. Dari contoh diatas didefinisikan bahwa komunikasi daring asinkron adalah komunikasi yang juga menggunakan komputer atau smartphone namun dalam waktu yang tidak serempak atau dilakukan secara tertunda. Contoh dari komunikasi daring asinkron adalah mengirim email, menulis dalam sebuah blog atau website, meninggalkan komentar pada sebuah forum dan lain-lainnya.



Komponen Pendukung Komunikasi Daring

Ø  Hardware atau Perangkat Keras

Hardware adalah perangkat keras yang dapat dirasakan yang digunakan dalam berkomunikasi daring seperti Komputer, headset, microphohe, handphone dan perangkat lainnya.

Ø  Software atau Perangkat Lunak

Software adalah perangkat lunak pendukung dalam berkomunikasi secara online yang menghubungkan pengguna dengan hardware. Program atau aplikasi yang biasa digunakan seperti Skype, Google Hangouts, web conference, dan sejenisnya.

Ø  Brainware atau Daya Nalar(Akal)

Manusia atau mereka yang melakukan komunikasi harus menggunakan atau melibatkan daya nara atau akal untuk melakukan komunikasi daring ini.



B.     Kelebihan dan kekurangan komunikasi sinkron dan asinkron

Komunikasi daring sinkron

Kelebihan : kecepatan transmisi yang kian laju karena pada sinkron tidak memakai bit lanjutan setiap memberikan paket data.

Kekurangan : mempunyai kemungkinan terjadi masalah yang memerlukan signal clock yang deras untuk menampung paket data secara bersamaan.



Komunikasi daring asinkron

Kelebihan : perbandingan signal lock pengirim dan penampung tidak bercengkrama terjadi masalah lebih rendah.

Kekurangan : kecepatan transmisi kecil, dan membutuhkan sinkronisasi mulai dari pertama sampai akhir karakter data yang akan di berikan atau di terima.



C.    Ciri-ciri komunikasi daring sinkron dan asinkron

Ciri-ciri Komunikasi sinkron : komunikasi tersebut dapat dikerjakan hari itu juga. Selain secara waktu sebenarnya, ciri lain komunikasi daring singkron yaitu pemberian pesan dan penampungan pesan mengerjakan komunikasi dua arah, atau dapat saling membalas dan membaca pesan yang di berikan. Sejarah daring memang masih langka dikenali, daring sendiri merupakan istilah dari online.

Ciri-ciri komunikasi asinkron : komunikasi asinkron dikerjakan secara berhenti atau tidak secara waktu sebenarnya yang serupa terjadi pada komunikasi sinkron. Selain komunikasi online sinkron dan asinkron, macam komunikasi daring juga dibagi atas dua menurut perilakunya, yaitu bentuk komunikasi formal dan bentuk komunikasi non formal. Menurut penyajiannya komunikasi daring dibedakan atas penyajian tertulis dan komunikasi daring secara lisan.



D.    Manfaat komunikasi daring

Ø  Sebagai alat komunikasi

Ø  Menyederhanakan siswa dan guru dalam berkomunikasi

Ø  Media hiburan interaktif.

Ø  Sebagai alat riset

Ø  Sarana E-learning

Ø  Sarana E-banking

Ø  Jalan ke informasi yang berada di area yang jauh









E.     Fungsi komunikasi daring

Ø  informasi : untuk media memberikan pesan dan informasi buat penampung informasi

Ø  kendali : melakukan pengendalian dan memulai suatu informasi sebagai kewenangan kelompok.

Ø  Motivasi : komunikasi daring bisa memprovokasi suatu pekerjaan dan kekuatan pegawai dalam pekerjaannya

Ø  Ekspresi emosional : komunikasi daring dapat menggambarkan suatu perasaan kelompok

Ø  efisiensi waktu : komunikasi bisa dikerjakan secara efisien

Ø  efisiensi biaya : harga paket data yang agak murah membantu komunikasi daring berjalan.

Ø  Dikerjakan dimana saja : pagi, siang, sore, malam

Ø  Ilmu teknologi : komunikasi daring berawal dari ilmu pendidikan yang saat itu dipakai sebagai alat penyelidikan.

Ø  Intensitas komunikasi : menyederhanakan berkomunikasi di akibatkan oleh intensitas komunikasi meningkat tiada batas

Ø  Partisipasi : komunikasi daring diakibatkan bertambahnya partisipan dalam artian meningkatkan individu pada proses komunikasi



F.      Pengertian Chatting dan Contoh Aplikasinya

Secara bahasa pengertian chatting adalah suatu pesan instan dalam teknologi jaringan komputer untuk mengirimkan informasi ke pengguna lain yang terhubung melalui koneksi internet. Saat ini, istilah chatting tidak hanya ditemukan pada pengguna email messenger saja, karena sudah banyak aplikasi chatting yang tersedia untuk pengguna smartphone. Beberapa contoh aplikasi chatting yang sering digunakan oleh masyarakat diantaranya : Whatsapp (WA), Blackberry Messenger (BBM), Facebook Messenger, Yahoo Messenger (YM), Line, Google Hangout, Google Allo, Talk dan lain sebagainya Dari semua aplikasi tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk saling berkomunikasi melalui media internet.

G.    Fungsi Chatting
Saat ini penggunaan aplikasi chatting sudah sangat masif, hampir semua orang menggunakan setidaknya satu aplikasi bertukar pesan. Secara umum, Chatting memiliki beberapa fungsi, diantaranya: Sebagai sarana berkomunikasi yang paling mudah, cepat dan efisien, Sebagai sarana untuk saling berkonsultasi lebih mudah, Alat untuk menjalin hubungan dengan orang lain, Bisa digunakan untuk berkumpul pada suatu grup atau multiple chat.

Manfaat Chatting Dalam Bisnis
Setelah mengetahui apa arti chatting dan beberapa fungsinya, lalu apakah ada pengaruh chatting terhadap bisnis? Tentu saja ada. Berikut ini beberapa manfaat adanya fitur chatting untuk mengembangkan bisnis:



1.      Sarana Komunikasi
Sudah disinggung dari pengertian chatting diatas bahwa tujuannya adalah untuk memudahkan cara berkomunikasi jarak jauh. Dengan adanya fitur chatting saat ini akan semakin memudahkan sistem koordinasi dalam sebuah perusahaan. Untuk menyampaikan informasi yang terkesan penting dan segera maka bisa memanfaatkan fitur chatting. Dengan chatting juga bisa menyampaikan pesan atau informasi langsung ke beberapa orang seperti pada fitur grup chatting. Tentu hal ini sangat berdampak positif terhadap bisnis.
2.      Sumber Informasi Paling Cepat
Chatting diklaim sebagai perantara penyampaian informasi pealing cepat. Untuk bertukar informasi, Anda tidak perlu menemui orang yang bersangkutan atau menghabiskan pulsa dengan menelpon karena bisa dilakukan hanya dengan Chatting.
3.      Meningkatkan Efisien waktu
Memang tidak bisa dipungkiri karena adanya fitur chatting saat ini sangat mempermudah pekerjaan kita. Untuk membuat janji atau pertemuan mendadak tidak harus menggunakan surat secara resmi, karena saat ini sudah banyak yang melakukan undangan via chatting.  Sehingga dengan chatting dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk menyebar undangan.
4.      Media Untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan
Chatting tidak hanya memudahkan komunikasi antar anggota perusahaan saja, namun juga bertujuan untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan. Dengan chatting maka Anda akan lebih mudah terhubung dengan pelanggan misalnya untuk pemesanan produk, komplain atau lainnya.
5.      Sebagai Sarana Pemasaran
Di jaman yang serba gadget ini tentu Anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget lebih untuk pemasaran atau promosi dengan mencetak brosur.
Anda cukup membuat bahan promosi dalam bentuk digital dan kemudian melakukan penyebaran via chatting. Cara promosi seperti ini sudah dianggap “lumrah” dikalangan pebisnis, terutama yang berbisnis secara online.

Dampak Chatting Pada Masyarakat
Meskipun banyak hal yang positif dari Chatting, namun dampak negatif juga patut diperhatikan salah satunya adalah kasus penipuan via chat yang kini sedang merajalela. Berikut adalah beberapa dampak chatting pada masyarakat: Resiko perangkat komputer dan gadget mudah terkena virus, Kemungkinan membicarakan hal yang tidak sopan melalui chatting, Berhubungan dengan orang yang tak dikenal, Bisa mengakibatkan chatter ketagihan, Chatting bisa menimbulkan masalah kesehatan bila terlalu sering, misalnya rematik, otot kaku, masalah penglihatan, Potensi terjadinya penipuan melalui aktivitas chatting.

Contoh Chatting Dengan Aplikasi Chat
Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi chatting yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Pada umumnya aplikasi chatting ini dapat digunakan secara gratis.
Beberapa aplikasi chatting yang sering digunakan saat ini adalah: WhatssApp, Blackberry Messenger, Facebook Messenger, Line, WeChat, Kakao Talk, Google Hangout, Facebook Messenger










H.    Penerapan Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron
Komunikasi online dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail (electronic mail), video streaming, membaca dan menulis dokumen secara online melalui world wide web (google docs, microsoft office online) .

E-MAIL
Adalah kepanjangan dari electronic mail merupakan aplikasi penulisan, pengiriman, penerimaan surat secara elektronik melalui komunikasi dalam jaringan. Jenis layanan email :
1.       POP mail (Post Office Protocol Mail). adalah jenis email yang bisa dibaca secara offline. Untuk bisa membaca email ini, kita harus terkoneksi internet terlebih dahulu kemudian kita diharuskan mengunduh/men-download email yang telah masuk dari server mail yang kita ikuti, setelah itu kita bisa membaca email tersebut tanpa harus terhubung dengan internet.  Dalam penggunaan POP mail ini, kita membutuhkan aplikasi khusus yang harus terinstall pada komputer kita, sehingga kita tidak bisa mengunduh email kita dari komputer lain yang tidak memiliki aplikasi POP mail. Contoh POP mail adalah POPmail, lycos, Hotpop. POP mail
2.       Web based mail. Contoh penyedia layanan Web based mail ini adalah yahoo mail, G-mail, hotmail, dll. Ada 2 jenis yaitu Web Based Mail :
a.       email gratis. Dengan menggunakan email gratis ini kita bisa memanfaatkan pengiriman dan menerima surat elektronik secara gratis. Kelemahan dari email ini adalah besar email yang diterima dibatasi oleh kuota. Contoh Gmail dibatasi kuota 6 Giga Byte
b.      email prabayar. Dengan menggunakan email prabayar ini kita ibsa memanfaatkan pengiriman dan penerimaan surat elektronik dengan kuota melebihi dari kuota email gratis, tergantung dari pilihan berapa besar kuota yang dipilih. Tetapi anda diwajibkan untuk membayar  jika ingin berlangganan. Contoh yahoo!mail plus dengan fasilitas keamanan dari spam, fasilitas POP mail, e-mail fowarding.
3.       E-mail fowarding. Jenis email ini kita bisa membuat email alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Dalam hal ini  sebuah email yang kita terima bisa kita alihkan atau diditeruskan lagi ke alamat yang sebenarnya.

MEMBUAT EMAIL
Pada saat ini kita akan mencoba membuat sebuah akun email pada G-mail. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
  1. Buka web browser anda. Anda bisa menggunakan internet explorer, google chrome, mozilla, opera, dll.
  2. Ketikkan alamat http://www.google.co.id pada address bar dan tekan tombol enter. 
  1. Sehingga terbuka halaman seperti di bawah ini
Halaman google
  1. Klik tulisan Gmail, seperti gambar di bawah ini :
klik gmail
  1. Input data diri anda pada form “create your google account
input data diri
  1. Jangan lupa centang kotak “I Agree to Google Terms of Service and Privacy Policy“, kemudian Klik “Next step” sehingga muncul jendela
Verifikasi account
  1. Masukkan nomor handphone anda untuk mendapatkan sms kode verifikasi pada nomor anda. Kemudian klik “Continue
  2. Catat kode verifikasi yang telah di-sms kan pada handphone anda, kemudian masukkan pada menu “verify your account
masukkan kode verifikasi
  1. Klik “Continue” untuk mengakhiri pembuatan email anda
Akhir pembuatan email
  1. Klik “Add a photo” untuk menambahkan photo profil anda, kemudian pada menu “upload photo” , pilih “select a photo from your computer 
upload photo
  1. Pilih file photo dari komputer anda, kemudian klik “Open
  2. Proses upload photo akan terjadi, kemudian lakukan proses seleksi pada photo
upload photo
seleksi photo
  1. Klik “Set as profile photo” untuk mengakhiri pemasangan photo profil anda
  2. Klik “Next step“, maka anda akan menuju pada jendela “Welcome , natalie
  3. Klik “Continue to Gmail” untuk masuk ke akun email anda


Pengertian Blog
Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog (Sumber:  Merriam Webster) Dari sumber lain, blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain. Jadi, apa itu blog?
Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).
Struktur pada Blog
Saat ini blog memiliki tampilan dan tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog itu sendiri. Mulai dari blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga blog yang hanya memiliki satu kolom. Pada dasarnya blog memiliki struktur standar, berikut beberapa struktur standar pada sebuah blog:
Ø  Header: Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog, deskripsi blog dan menu blog.
Ø  Navbar: Elemen ini biasanya terletak diatas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik blog.
Ø  Main blog: Biasanya terletak di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal, nama penulis serta kolom komentar.
Ø  Sidebar: Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget lainya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.
Ø  Footer: Terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.


CLOUD STORAGE : PENGERTIAN, CARA KERJA DAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKANNYA YANG PERLU ANDA TAHU
Sekarang bukan zamannya lagi hanya mengandalkan hardisk dan flashdisk sebagai media penyimpanan data. Semenjak perkembangan internet semakin melesat, media penyimpanan kini menawarkan alternatif baru yaitu cloud storage. Media penyimpanan cloud storage ini berkaitan erat dan sangat mengandalkan jaringan internet. Sebagai media penyimpanan online, cloud storage menawarkan berbagai kelebihan yang sangat menguntungkan Anda. Informasi rinci mengenai cloud storage dan keunggulannya dibandingkan media penyimpanan offline dapat Anda simak lewat artikel berikut ini.

Apa Itu Cloud Storage?
Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage adalah terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk. Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.

Menyimpan file menggunakan cloud storage kini lebih diminati karena berbagai alasan. Anda tidak perlu khawatir dengan serangan virus atau ada kerusakan seperti yang bisa terjadi saat Anda menyimpan file melalui hardisk atau flashdisk. Selain itu, karena seluruh data disimpan ke dalam server, keamanannya pun lebih terjamin dan tidak mungkin hilang. Data yang Anda simpan juga dapat diakses sewaktu-waktu. Ditambah lagi data juga dapat Anda akses melalui perangkat gadget apa saja asalkan terkoneksi dengan internet.
Layanan penyimpanan data menggunakan cloud storage bisa Anda dapatkan secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Apabila menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan cloud storage pun saat ini bekembang sangat pesat. Beberapa contoh media cloud storage yang sangat populer saat ini adalah Google Drive, iCloud, OneDrive dan Dropbox.

Cara Kerja Cloud Storage
Proses penyimpanan data ke media penyimpanan cloud storage dapat diartikan dengan mengirim salinan ke penyedia layanan cloud atau hosting lewat jaringan internet. Selanjutnya, server akan memberikan Anda akses untuk mendownload atau melakukan perubahan saat Anda ingin membuka data-data Anda tersebut. Biasanya layanan cloud storage ini tidak hanya mengandalkan satu server saja. Sebagian besar aplikasi pada cloud storage juga tidak perlu melakukan instalasi karena sudah terpasang pada media internet, misalnya adalah Google Drive. Anda hanya perlu menyiapkan koneksi internet dan membuat akun untuk bisa menggunakan Google Drive. Seperti yang kita ketahui bahwa Google Drive ini dibawa oleh salah satu perusahaan besar yakni Google Inc maka yang bertindak sebagai server adalah pihak Google itu sendiri.

Keuntungan Menggunakan Cloud Storage
Nah, setelah Anda mempelajari pengertian serta cara kerja dari cloud storage sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika memilihnya. Dengan menggunakan cloud storage resiko kerusakan atau kehilangan data sangat kecil sebab data disimpan oleh hosting ke dalam server. Pemakaian cloud storage juga tidak membutuhkan perangkat keras, karena cloud storage hanya mengandalkan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya. Sekarang ini banyak media penyimpanan online yang tidak dipungut biaya, sehingga secara finansial sangat membantu Anda untuk menghemat budget. Cloud storage juga merupakan media penyimpanan yang ramah lingkungan karena tidak membutuhkan perangkat sehingga tidak akan meninggalkan limbah.

Demikian sekilas informasi yang bisa Anda baca mengenai cloud storage. Media penyimpanan berbasis online ini merupakan pilihan tepat untuk digunakan karena mudah, gratis dan memberikan banyak keuntungan yang lainnya. Namun untuk bisa mendapatkan layanan cloud storage dengan kapasitas yang sangat besar Anda harus menyiapkan dana lebih.

Bagi siswa/i yang sudah membaca materi ini silahkan tinggalkan komentar nama dan kelas di bawah postingan ini















Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda.